Membuat e-SPT Multi Database dengan ODBC

Bagi pengguna aplikasi e-spt tentu tidak awam dalam membuat beberapa npwp (multi npwp) dalam satu aplikasi e-spt dengan cara membuat beberapa database (*.mdb) kemudian mengkoneksikan database-database tersebut menggunakan Open Database Connectivity (ODBC). ODBC seperti dikutip dari wikipedia.org adalah adalah sebuah standar terbuka untuk konektivitas antar mesin basis data. Pengguna aplikasi e-spt (saat ini selain e-spt PPN 1111) dapat mengkoneksikan beberapa database dengan cara mengkomfigurasi ODBC dengan menggunakan utilitas ODBC yang terdapat pada control panel.

Bagi pengguna aplikasi e-spt yang mungkin sudah lupa dengan cara membuat database e-spt multi npwp berikut adalah langkah-langkah yang bisa saya sharing.
  1. Siapkan database e-spt (*.mdb) yang masih kosong saya ambil contoh e-spt pph masa pasal 21 (database ini ada di lokasi instalasi e-spt, biasanya   di C:\Program Files\DJP\eSPT PPh Masa Pasal 21-26\Database). Nama databasenya “db1721.mdb”, bisa di rename sesuai keinginan.
  2. Database sesuai langkah satu diatas di copy/paste di lokasi dimana kita ingin simpan (contohnya simpan di D:\Database e-spt\PPh 21) databasenya saya rename menjadi “db1721-cabang A.mdb
  3. Setelah database siap langkah selanjutnya adalah membuka utilitas ODBC  untuk selain sistem operasi Windows 7 64 bit ada di control panel, pilih administrative tools, lalu double klik Data Source (ODBC).
  4. Muncul jendela ODBC Data Source Administrator, pilih menu tab ‘System DSN’ , lalu kilk ‘Add’, kemudian pilih driver ‘Microsoft Access Driver (*.mdb) dan klik finish (double klik juga bisa).
  5. Muncul jendela ODBC Microsoft Access set up, Isi dan Namai Data Source Name ( contoh saya namai dengan: PPh 21 Cabang A, kemudian klik select.
  6. Muncul jendela Select Database, cari lokasi database pada contoh langkah ke-2 , Driver: D;\ , Directories: Database e-spt (double klik foldernya) – PPh 21 (double klik foldernya) – double klik db1721-cabang A.mdb sehingga muncul dibawah Database Name: db1721-cabang A.mdb
  7. Klik tombol OK sehinggal kembali jendela ODBC Microsoft Access set up Klik OK sehingga kembali jendela ODBC Data Source Administrator.
  8. Klik Add kembali jika ingin kembali membuat settingan ODBC dengan database yang baru lagi.
  9. Untuk sistem opersi Windows 7 64 bit lokasi Data Source (ODBC) ada di C:\Windows\ODBCad32\sysWOW64\ nama filenya “odbcad32.exe”

Tulis sebuah Komentar

You must be logged in to post a comment.
%d blogger menyukai ini: