Recovery Data di ReiserFS

Image Hari ini aku stres berat bagaimana tidak ??? Data pusat yang di gunain oleh semua Guru, Karyawan dan siswa semua data nya hilang gara² hal yang sangat sepele. Ceritanya begini aku mau menghapus file yang sudah nggak aku gunain di dalam folder dengan menggunakan perintah rm -rf * ehhh malah aku salah menggunakan perintah itu belum di direktori yang mau aku buang alias masih di direktori root (/). Semua sistem maupun data yang ada hilang lang lang babar blas nggak ada yang bersisa sama sekali bisa dibilang hardisku jadi kosong sekali, langsung down nih badan waktu nyadari itu semua terjadi …

Aku cari artikel di google di forum-forum katanya yang bisa direcovery hanya file system ext2 padahal aku nggunain file system reiserFS, wah nafsu buat kencan ma pacar hilang seketika apalagi nafsu makan ndak ada sama sekali mikirin besuk gimana dengan para pengguna yang pada nggunain data tersebut. Tak menyerah aku cari di google cara undelete rm di reiserFS malah nggak ada yang jelas, akhirnya kucari software recovery buat reiserFS, ya ampun harganya minta ampun $429 , bayangkan itu gaji 1,5 tahun aku tuh ! hueueheu. Nggak nyerah juga akhirnya aku cari lagi un rm reiserFS di google, kutemukan di sebuah forum luar, disitu dikatakan kasusnya hampir sama ke rm -rf * secara ga sengaja sama seperti aku. Akhirnya kucoba deh dan PUJI TUHAN semua data dapat kukembalikan semua hampir 95% normal hanya sedikit saja yang hilang. Jika temen² mengalami kasus yang sama seperti aku bisa mencoba langkah² berikut dari pada membeli software recovery yang hasilnya belum tentu jelas.

Misal yang akan kita recovery /data-pusat berada di /dev/hda9 Langkah pertama bangun kembali susunan file sistem

# reiserfsck –rebuild-tree -S -l /recovery.log /dev/hda9

Buat direktory untuk menempatkan file recovery # mkdir /recovery

Mount direktori tersebut

# mount /dev/hda9 /recovery

Masuk ke direktori resebut dan kita akan menemukan folder baru yang dinamakan lost+found

# cd /recovery/lost+found

Nah setelah kita masuk dan kita lihat isinya kita akan menemukan file dengan angka yang ndak berurutan XXXX_XXXX, jangan bingung dulu karena ternyata di dalam folder XXXX_XXXX tersebut isinya adalah file kita yang terhapus, kita bisa melihatnya dengan melalui perintah

# ls -R | more

Setelah kita temukan di direktori mana file kita tersebut tinggal kita copy saja.

# cd XXXX_XXXX

# cp -r * /recovery/

Demikian sedikit pengalaman pribadi yang aku alami dua hari ini semoga share ini berguna bagi temen² dan saran saya backuplah data sesering mungkin dan di tempat lain sehingga aman dari kecelakaan yang diakibatkan oleh diri kita sendiri maupun orang lain. Trima Kasih

6 Comments

  1. Posted Juli 28, 2007 at 5:55 pm | Permalink

    wekekekkekkeke

  2. Posted Agustus 7, 2007 at 8:39 am | Permalink

    weww muantapsss tiips nya mbah

  3. ngutul
    Posted April 22, 2008 at 7:47 pm | Permalink

    wee e e e,makasih ya….kapan2 tak cobane

  4. ngutul
    Posted April 22, 2008 at 7:49 pm | Permalink

    we e e ,makasih ya…………yo wis kapan2 tak cobane

  5. dikdo
    Posted April 9, 2009 at 3:54 pm | Permalink

    kok saya ga bisa yah..

  6. dikdo
    Posted April 9, 2009 at 3:55 pm | Permalink

    root@bcd:~# reiserfsck -rebuild-tree -s -l /recovery.log /media/disk
    reiserfsck: invalid option — ‘e’
    Usage: reiserfsck [mode] [options] device

    Modes:
    –check consistency checking (default)
    –fix-fixable fix corruptions which can be fixed without
    –rebuild-tree
    –rebuild-sb super block checking and rebuilding if needed
    (may require –rebuild-tree afterwards)
    –rebuild-tree force fsck to rebuild filesystem from scratch
    (takes a long time)
    –clean-attributes clean garbage in reserved fields in StatDatas
    Options:
    -j | –journal device specify journal if relocated
    -B | –badblocks file file with list of all bad blocks on the fs
    -l | –logfile file make fsck to complain to specifed file
    -n | –nolog make fsck to not complain
    -z | –adjust-size fix file sizes to real size
    -q | –quiet no speed info
    -y | –yes no confirmations
    -V prints version and exits
    -a and -p some light-weight auto checks for bootup
    -f and -r ignored
    Expert options:
    –no-journal-available do not open nor replay journal
    -S | –scan-whole-partition build tree of all blocks of the device


Tulis sebuah Komentar

You must be logged in to post a comment.
