Internet Sharing : Topologi

JENIS-JENIS KONEKSI INTERNET

Sebelum mulai, langkah pertama tentu saja memahami koneksi Internet anda. Secara umum ada 4 karakteristik koneksi internet.

  • Koneksi fisik, misalnya ethernet, fiber-optik, modem, ADSL, wave-LAN, satelit, dan masih banyak lagi. Dari segi konfigurasi, koneksi ini cukup dilihat sebagai:
    1. Point to point: koneksi dari ISP harus masuk langsung ke SATU komputer, router atau gateway.
    2. Multipoint: koneksi dari ISP masuk dulu ke konverter/hub ethernet. Dari hub anda bisa tarik kabel ke BEBERAPA komputer.
  • Koneksi logikal. Secara gampang, subnet adalah kelas IP yang diberi ISP buat anda. Ada tiga kemungkinan:
    1. Node: Anda hanya diberi 1 IP, bisa langsung dipakai oleh satu komputer.
    2. Subnet: Anda diberi beberapa IP yang bisa langsung dipakai oleh beberapa komputer. Walau terpisah, secara logikal network anda masih satu segment dengan network ISP sehingga netmask anda ikut netmask ISP. Misalnya, anda diberi 4 IP, tapi netmask = 255.255.255.0 (buat 256 node).
    3. Segment: Anda diberi 1 IP koneksi, dan 1 (sub) segment IP. Segment anda punya netmask sendiri, misal sub segment 16 IP netmask 255.255.255.224, atau full segment kelas C 256 IP netmask 255.255.255.0. Koneksi ini harus masuk dulu ke router/gateway sebelum disebar ke beberapa komputer.

    Perhatikan bahwa koneksi logikal node dan segment biasanya pakai koneksi fisik point to point. Kalau pakai koneksi multipoint, bisa sekali tapi agak mubzir. Koneksi fisik multipoint afdol-nya berjodoh dengan koneksi logikal subnet.

  • IP external/internal. IP eksternal adalah IP yang sah dipakai untuk berkomunikasi di jaringan Internet sedunia. Sementara itu IP internal hanya boleh dipakai di Intranet. Ada tiga segment IP internal:
    1. 10.x.y.z
    2. 172.16-31.y.z
    3. 192.168.0-255.z

    Kalau tidak masuk kelompok itu, IP anda adalah eksternal. ISP yang bonafid seharusnya memberi IP eksternal. Tapi ISP yang murah meriah hanya akan memberi anda IP internal. Koneksi IP internal hanya bisa buat browsing, downloading atau chatting. Tidak bisa buat server atau main game.

  • IP dinamik/statik. Jika pakai dinamik, IP komputer anda akan diberi oleh ISP melalui DHCP, dan secara periodik akan berubah. Sebaliknya IP statik bersifat tetap, anda isikan saat mengkonfigurasi network. IP dinamik biasanya hanya untuk koneksi satu node, dial-up point-to-point.

INTERNET SHARING

Internet sharing adalah teknik untuk menambah komputer lebih banyak dari IP yang diberi ISP supaya yang pakai bisa lebih banyak. Anda cukup pasang satu gateway yang pakai satu IP dari ISP, lalu disambung ke intranet yang berisi banyak client. Semua client akan bisa akses ke Internet. Ekonomis kan ? Gambar-gambar berikut melukiskan topologi yang umum.

  • Sharing Internet satu node. Pada model ini koneksi dari ISP langsung masuk ke gateway. Koneksi ini akan memakai satu IP yang diberi oleh ISP. Dari gateway koneksi ini disebar melalui hub ke beberapa komputer client. Tiap client memakai IP internal yang anda desain sendiri.
  • Sharing Internet subnet. Kalau anda punya subnet, ambil salah satu IP dari ISP masukkan ke gateway. Dari gateway koneksi ini disebar ke beberapa komputer client di intranet pakai IP internal. Sisa IP dari ISP bisa ada pakai buat server, atau client external. Client external bisa bebas buat main game multiplayer di Internet. Client internal terbatas, tidak semua game bisa, dan perlu trik di gateway.
  • Sharing Internet segment bertumpuk. Jika anda punya segment eksternal sendiri, ada dua pilihan topologi untuk menambah segment intranet. Yang pertama model bertumpuk. Koneksi ISP masuk ke router, lalu disebar ke ekstranet yang pakai segment IP pemberian ISP. Salah satu IP dari ISP ini lalu dipakai buat gateway yang akan menyebar koneksi ke client iintranet, pakai IP internal anda sendiri.
  • Sharing Internet segment bercagak. Model kedua, koneksi ISP langsung masuk ke gateway. Dari gateway tarik dua kabel. Satu ke segment ekstranet, lainnya ke segment intranet. Model ini lebih hemat dibanding model bertumpuk, namum setting gatewaynya akan lebih ruwet.

PASANG GATEWAY

Anda lihat, beda koneksi akan membuat berbagai kembangan pada topologi yang bikin pusing. Namun lepas dari itu, pasang gateway tahap-tahapnya generik sebagai berikut:

  • Sambung koneksi ISP ke gateway, konfigurasi networknya pakai IP dari ISP.
  • Tarik kabel ethernet dari hub intranet ke gateway, konfigurasi networknya pakai IP internal pilihan anda sendiri.
  • Tarik koneksi dari hub ke beberapa komputer client intranet. Masing-masing client dikonfigurasi networknya pakai IP internal.
  • Kembali ke gateway, konfigurasi IP-masquerading di gateway.
  • Optional, di gateway anda bisa pasang DHCP server, DNS caching, filter, dan proxy server.

31 Comments

  1. Deli
    Posted Juli 23, 2007 at 5:36 am | Permalink

    Mau minta tolong cara koneksi antar 2 tempat memakai modem/router. Hardware/Software apa saja yang diperlukan ?

    Terima kasih
    Salam
    Deli

  2. roy
    Posted Juli 24, 2007 at 3:04 am | Permalink

    kalau mau koneksi 2 tergantung tujuannya. Kalau kita mau koneksi dari rumah ke network di kantor bisa pakai dial up dan dial in.
    PC di kantor yang terkonek LAN di pasang modem dan di set dial in agar bisa nerima dial dari rumah.
    Sementara PC yang dirumah dikasih modem buat dial up ke PC di kantor.
    Kalau pingin jaringan dirumah bisa menyatu sebagai bagian LAN dikantor,pada PC dial in di kantor juga harus dipasang NIC yang konek ke LAN. Terus dibuat bridge untuk network Dial in dan network LAN agar begitu dial up dari rumah terkoneksi otomatis akan menyatu dengan LAN kantor.
    Seting IP di PC rumah di sesuaiakan dengan IP di kantor (dalam satu range grup IP dan satu sub net). Jangan lupa seting domain dibikin sama antara PC ditrumah dengan di Kantor. Seting proxy internet untuk dirumah sama dengan seting proxy pc di kantor karena network di bridge.
    Dengan konfigurasi daiatas maka PC dirumah nanti akan nongol di network neighbourhood LAN kantor dan bisa sharing dengan rekan lain di kantor.
    Lain halnya jika pingin PC dirumah bisa akses kantor tapi orang kantor tidak tahu. Perlu router untk itu. Seting IP mesti dibedain juga. Jadi koneksi bisa tetap pakai dial up juga.
    biar .
    lihat
    untuk
    tempat sederhana bisa aja pakai dial

  3. Posted Juli 27, 2007 at 12:01 pm | Permalink

    klo mu koneksi internet sharing dengan server saya pake dns server, internetnya speedy PPOE, yg jadi masalah knapa kadang2 internet tidak jalan dan ke server jalan, ataupun juga sebliknya

  4. Taufik
    Posted Agustus 13, 2007 at 1:33 am | Permalink

    mas yoyok, Saya mo nanya nih !!!
    Kalo mau ngebatesin penggunaan internet pada pc gimana ya ???
    Server saya pake win 2003 server, tcp/ip nya statis yang lain client dinamis !!
    Kantor saya memakai perangkat router dari cisco !!!
    Client tcp/ip nya dinamis !!!
    Sekarang semua komp yang nyambung ke lan bisa akses internet !!
    Saya ingin membatasi hanya beberapa pc saja yang bisa int !!!
    Settingan win 2203 servernya ato cisco di hyper terminal ???
    Tolong dijelasin step by step ya ???
    Thanks sebelumnya .

  5. tukul
    Posted Agustus 29, 2007 at 1:32 am | Permalink

    saya minta 2unit komputer

  6. Posted Agustus 30, 2007 at 2:48 am | Permalink

    kenapa sih internet klo loading lama?

  7. Heru Setyawan
    Posted Agustus 30, 2007 at 4:23 am | Permalink

    Mas numpang tanya ya, saya punya komputer server IP 192.168.xxx.xxx, (windows server 2003) terhubung dengan internet dari proxy (192.168.1.115),apakah server saya bisa dibagi lagi ke 10 komputer lagi? Bagaimana caranya? Tolong ya mas..
    Makasih banyak..

  8. hendri
    Posted September 2, 2007 at 4:52 am | Permalink

    Mas, bisa beritahu saya cara menghubungkan internet speedy ke LAN?

    LAN Punya ip 10.x.y.z. Speedy pakai modem linksys yang punya 6 port.

    Saat ini beberapa komputer dihubungkan langsung ke modem untuk akses internet dengan NIC (1 komputer ada 2 NIC [1 u/ LAN, 1 u/ Speedy]).

    Bagaimana caranya agar speedy bisa terhubung ke LAN, jadi user tidak perlu tambah NIC lagi untuk akses speedy?

    Ada alat yang harus ditambah ?

  9. Posted September 3, 2007 at 5:25 am | Permalink

    oya kak, gimana cara nya klo IP internet dah nyambung, di tes di RUN, dah reply, tapi buka internet kok ga bisa itu trouble dimana nya ya
    tolong sich kak/?

  10. mussy_vita
    Posted September 5, 2007 at 1:35 am | Permalink

    kira-kira punya banyak pengeluaran gak soal rakit merakit gitu? thanks for reply

  11. dwi_swat81
    Posted September 7, 2007 at 6:55 pm | Permalink

    tolong beri penjelasan tentang, bagaimana cara setting internet bisa untuk 2 PC atau lebih. saya menggunakan dial up ke speedy,katakan 1 server 2 client.yg bisa sy lakukan jika dial up server saya disconect, client baru bisa dial up dan sebaliknya, nah supaya ke 2 PC conect bgmn caranya, help me

  12. Handy
    Posted September 14, 2007 at 9:41 am | Permalink

    Salam kenal,

    Mas saya mo tanya ????
    bagaimana cara meng”konek”an dua Speedy, yang jauh tempatnya, jika speedy yang satu sudah punya ip statik apa yang harus saya lakukan selanjutnya. mohon di balas ke email Saya Mas. Terima kasih banyak

  13. Samian
    Posted September 24, 2007 at 6:50 pm | Permalink

    Gimana cara yg akurat untuk dapatin Cewek yg cakep??

  14. Samian
    Posted September 24, 2007 at 6:51 pm | Permalink

    Soalnya saya ga ganteng gitu lho,.. bisa ga ya Mas,. Kalau ga tolong kasih tau rahasianya ya,. Please,. kirim ke email saya ya,. thanks,..

  15. muhammad haziq
    Posted Oktober 9, 2007 at 7:48 am | Permalink

    Mas yoyok, ksih tau dong caranya Internet SHaring dengan metode Multipoint (ISP modem -> Hub/Switch) -> Server, soalnya saya dah cari kemna-kmna ga ada info yang jelas dan praktis, hampir semuanya teoritis, dan cuman ngebahas Point to Point aja.

    Terima kasih, yah
    tolong kasih tau klu dah dijawab….
    de_Hazique@yahoo.es

  16. imam
    Posted Oktober 18, 2007 at 7:00 am | Permalink

    mas yo2k minta tolong dong,bgmn cara setting dikomputer client LAN-nya (network Connection),apa bisa dimatiin dari server.masalahnya ada satu komputer tdk bisa koneksi,sblumnya bisa.makasih ya sebelumnya

  17. Posted November 19, 2007 at 8:47 am | Permalink

    Pak guru saya newbie nie di linux, saya minta cara / tips n trik sharing internet di linux yang stabil dan tidak menggunakan dns isp di clientnya tapi dns yang dipakai adalah ip server itu bukan pakai dhcp ya pak guru..?? mohon bantuannya..

    isp > server proxy+dns > hub1 > 30 pc client

    ip clien
    ip = 10.1.2.2
    netmask = 255.255.255.0
    gateway = 10.1.2.1
    dns = 10.1.2.1

    ip server

    eth0
    ip = 10.1.2.1
    netmask = 255.255.255.0

    eth1
    ip = 202.47.75.0.170
    netmask = 255.255.255.252
    gateway = 202.47.7.169
    dns1 = 202.47.78.8
    dns2 = 202.47.78.9

    mohon pencerahannya,,
    thanks b4

  18. sri
    Posted November 23, 2007 at 8:21 am | Permalink

    mas yo2k,buku panduan untuk jaringan namanya apa…???
    please……..penting banget.

  19. Indra
    Posted Desember 18, 2007 at 2:30 am | Permalink

    mas aku mau tanya cara setting sharing speedy. Aku punya modem allied telesyn AR536E dan Netgear wireless router WGR614v2. Nah rencananya aku mau sharing speedyku biar bisa diakses melalui wifi plus cable (wireless aku konekan ke HUB/Switch). Tolong ya

  20. Posted Januari 17, 2008 at 12:25 am | Permalink

    mohon maaf mas yoyok saya mau tanya… saya sudah instal mikrotik sebagai server sesuai dengan apa yang mas Yoyok tahapkan…. pada mikrotik di ether1 saya kasih IP 20.20.20.x dan pada ether2 saya kasih IP 172.16.x.x koneksi dari mikrotik ke gateway sudak Ok, ke ISP juga sudah Ok begitu juga ke Client, dari client saya ping ke mikrotik dengan alamat 172.16.x.x merespon akan tetapi dari client di ping ke alamat mikrotik 20.20.20.x tidak meresponse dan begitu juga apabila di ping ke ISP, kira2 apa kesalahannya yaa

  21. Made Hartawan
    Posted Mei 4, 2008 at 7:44 am | Permalink

    Mas Yoyok, Saya dari Bali dana saya orang baru di bidang networking. Saya tidak ada basic di IT. Tapi saya tertarik untuk mengembangkan home networking / RTRW net di daerah saya. Saya sudah dibikinkan server mikrotik oleh provider saya. Sedikit2 saya mengerti tentang setting awal mikrotiknya. Saat ini saya mau cboba konek MINITAR-MWGAR ke jaringan saya untuk minitar nya sudah dibaca CONNECTED dan saya lihat di radio saya sudah R(running). Namun saya masih ada maslah yaitu minitar nya tidak bisa browsing internet. Mungkin ada salah setting di mikrotik saya? mohon bantuan dan pencerahanya. Terimakasih banyak.

    Made

  22. Didiek
    Posted Mei 19, 2008 at 9:46 am | Permalink

    mas, mau nanya neh… dikantor saya pakai internet telkom speedy, dimana modem conect langsung ke Hub. jadi tiap komputer yang di set IP dan DNS nya udah bisa internet. nah, gmn cara kita membatasi agar user-user tertentu tidak bisa conect internet? krn user tersebut bisa men set Gateway atau DNS nya. jadi mungkin lewat komputer saya (komp lain), bisa di set atau dimatikan koneksi internetnya tp LAN nya masih bisa jalan? mungkin ada software tertentu? thx. mohon di replay ke email saya…. makasih

  23. shogy
    Posted Mei 26, 2008 at 10:52 am | Permalink

    Saya punya satu komputer yg udh conect speedy dengan modem Sanex ADSL SA 5100, tp ada 5 komputer lagi yg blom, smua komputer udah trhubung pake hub D-link DES 1024D, tp udah cb2 ttp gak bs share koneksinya..kira konfigurasi gmn Mas?
    tlg dibantu mas, newbie bgt ne.. he.he.he.

  24. lukky
    Posted Juni 19, 2008 at 12:58 pm | Permalink

    mas yoyok, yg baik

    saya pengin speedy kantor aku akses dari rumah. Biar gratis netnya, alias kantor yg bayar,
    gemana cara setingnya

    terima kasih. ke email aza ya aku tunggu

  25. M Nur H
    Posted Juli 17, 2008 at 5:01 pm | Permalink

    Selamat sore

    Mas saya mau tanya nih, mas bisa tolong saya kasih gambaran tentan topologi network 2 lokasi ( lebih dari 1 KM) yang berbeda (memakai wireless) menjadi satu jaringan dan bisa sharing.
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

  26. TAUFIQURRACHMAN
    Posted Juli 21, 2008 at 7:56 pm | Permalink

    Salam Hormat
    Saya beberapa waktu yang lalu membeli Wireless Router ASUS Type WL-520GU, dengan tujuan untuk membagi pakai sumberdaya yang ada dirumah saya. Berupa 2 Komputer PC dan 2 Laptop. Perlu diketahui , dirumah saya sudah memakai telkomspeedy untuk koneksi internet sedangkan merek dari modem ADSL saya SANEX SA5100. Sebelumnya saya berbagi pakai koneksi internet antar PC dan laptop melalui perantaraan Switch Hub, dan saya berhasil tanpa mengalami kesulitan melakukan bagi pakai koneksi internet tersebut. Dengan berbagai pertimbangan saya mencoba untuk memakai Wireless Router agar tidak diribetkan dengan kabel yang bertebaran dimana-mana. Tapi ternyata installasi Wireless Router tidak semudah yang saya bayangkan. OS yang saya pakai Windows XP Service Pack 2. Untuk network, saya sdh bisa menghubungkan komputer yang satu dengan yang lain tanpa kesulitan, yang bikin saya pusing, saya tidak bisa atau belum berhasil membagi pakai koneksi internet yang sudah ada. Bahkan komputer yang terhubung langsung dengan modem dan router, ikut-ikutan nggak bisa akses internet. ( Modem saya hubungkan ke router melalui port WAN, sedangkan komputer saya hubungkan melalui port LAN1 ). Kalau saya copot dan saya pasang seperti sedia kala tanpa melalu router, akses internet bisa jalan lagi.
    Yang jadi pertanyaan saya adalah :
    1. Adakah setting khusus yang harus saya lakukan pada modem atau pada router agar keduamya bisa berhubungan ?
    2. Apakah IP dari modem atau dari Router harus ada yang dirubah, mengingat keduanya sama sama memakai IP yang sama yaitu 192.168.1.1 ( setting factory ) ?
    3. Atau ada hal-hal lain yang harus saya lakukan, mengingat saya awam mengenai koneksi nirkabel ini ?
    Mohon kiranya saya bisa mendapatkan pencerahan mengenai kesulitan-kesulitan yang saya hadapi ini. Atas segala bantuan dan dukungannya saya mengucapkan banyak terima kasih.

    Hormat Saya

    Drs. AHMAD TAUFIQURRACHMAN

  27. HERU NUGROHO
    Posted Oktober 25, 2008 at 12:52 pm | Permalink

    haloo mas yoyok, ni heru, di kantor dah dipasang speedy linksys saya mau setting untuk LAN dan bisa untuk wirelees.Rencana saya mo tak lewatin mikrotik dulu untuk setting bandwithnya.Tolong donk mas saya dikasih tutorial untuk seting mikrotiknya…..Plasee

  28. Posted Maret 18, 2009 at 12:22 pm | Permalink

    Saat ini saya punya alat :
    1. Modem (IP Static dari Speedy) + Router (IP 192.168.1.1 Subnetmask 255.255.255.0)
    2. Switch
    3. PC1 (192.168.1.11), PC2 (192.168.1.12) Gateway-nya diisi 192.168.1.1
    4. Minitar MWGAR
    5. TP-link WN321G di pasang ke Laptop

    a. PC1 dan PC2 tidak ada masalah untuk koneksi ke Internet.
    b. Bagaimana langkah-langkah untuk menjadikan MWGAR sebagai AP agar bisa di tangkap sama WN321G.
    – MWGAR sebelumnya dijadikan Client sehingga masih nangkring di tiang +-23 Mtr dengan Antenna Grid.
    – Dengan kabel UTP bisa masuk ke home MWGAR (webbase-lewat UTP).
    – IP MWGAR 192.168.1.2
    c. Diharapkan Laptop bisa mengakses internet… plis dong caranya. Maklum masih pemula..

    Terima Kasih.

  29. Fahrizal achmad Dj
    Posted Agustus 16, 2009 at 8:11 pm | Permalink

    mu nanya klo sharing intenet pake wireless OS vista gmana?

  30. naz
    Posted April 15, 2010 at 10:43 pm | Permalink

    nah bagaimana menambang wireless merk linksys ke situ?

  31. fery
    Posted November 3, 2010 at 10:20 am | Permalink

    tautan menghasilkan dollar dengan klik mouse.


One Trackback/Pingback

  1. […] Riawan dan dikirimkan oleh Juni 27, 2007 at 8:29 pm dan disimpan di bawah Linux, Networking. Tandai permalink. Telusuri setiap komentar di sini dengan RSS feed kiriman ini. Tulis komen atau tinggalkan […]

Tulis sebuah Komentar

You must be logged in to post a comment.
