Bluetooth di GNU/Linux

Sebelum kita mulai ada baiknya jika kita terlebih dulu berkenalan singkat
untuk mengetahui apa sebenarnya bluetooth tersebut?. Bluetooth adalah standar spesifikasi yang mendefinisikan bagaimana telephone bergerak,komputer dan personal digital assistant (PDA) dapat dengan mudah terinterkoneksi dengan perangkat lain tanpa kabel.Sebuah perangkat bluetooth memerlukan suatu tranceiver, yang masing-masing memiliki alamat fisik 48 bit. Tranceiver akan melakukan pengiriman/penerimaan paket/data padaband frekuensi ISM (insdustri, science, medical) 2.4 Ghz. Jika anda tidak merasa puas dengan penjelasan diatas (penulis juga dapatnya dari majalah🙂 hehe) anda dapat membaca informasi selengkapnya disitus http://bluetooth.com. Karena kita disini tidak membahas teorinya secara panjang lebar maka langsung saja kita uji cobakan. System yang digunakan dalam uji coba ini adalah;

Operating sistem : Fedora Core 4
Device bluetooth : 1. Billionton bluetooth class I, sampai 100 M
2. Nokia N-Gage QD

Karena didalam Distro/OS yang saya gunakan sudah tersedia (bluez) modul driver yang diperlukan
untuk perangkat bluetooth tersebut, maka saya tidak perlu mencarinya di internet. Tetapi jika
Sistem yang anda gunakan belum memaketkanya anda dapat mencarinya di http://bluez.sourceforge.net.
Berikut paket-paket yang diperlukan.

[root@ari bluez]# rpm -qa |grep bluez
bluez-hcidump-1.18-1
bluez-utils-2.15-7
bluez-pin-0.24-2
bluez-bluefw-1.0-6
bluez-libs-2.15-1
bluez-libs-devel-2.15-1
[root@ari bluez]#

Khusus untuk paket “bluez-bluefw-1.0-6” saya tidak menemukanya didalam cd instalasi Fedora Core 4. tetapi tidak perlu khawatir karena paket tersebut tersedia di cd instalasi Fedora Core 3 atau anda dapat mendownloadnya di internet. Gunakan search engine jika anda tidak menemukan situs yang berhubungan dengan itu.Disamping modul diatas maka kita membutuhkan aplikasi yang dapat digunakan sebagai media penghubung
(silakan dibetulkan jika kata “media penghubung” dianggap tidak mewakili). Aplikasi yang kita gunakan adalah sebagai berikut;

[root@localhost FC4-yum]# rpm -qa |grep obex
openobex-devel-1.0.1-3
openobex-1.0.1-3
openobex-apps-1.0.0-8
[root@localhost FC4-yum]#

Jalankan service bluetooth terlebih dulu jika pemeriksaan perangkat bluetooth yang terpasang belum bisa dikenali oleh sistem anda;
[root@localhost ~]# hciconfig hci0 up
[root@ari bluez]# /etc/init.d/bluetooth start
Starting Bluetooth services: [OK]
[root@ari bluez]# lsmod |grep bluetooth
bluetooth 56133 7 rfcomm,l2cap,hci_usb

Anda tidak perlu bingung melihat angka-angka tersebut karena saya sendiri juga tidak mengerti apa arti dari angka-angka yang dihasilkan tersebut. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah hci_usb adalah perangkat bluetooth yang terpasang di komputer kita sedangkan rfcomm dan l2cap adalah protokol yang digunakan untuk menghandel device bluetooth yang terpasang di komputer. Untuk lebih jelas periksa dengan perintah dibawah ini;

[root@ari bluez]# hciconfig -a
hci0: Type: USB
BD Address: 00:11:67:23:CC:95 ACL MTU: 678:8 SCO MTU: 48:10
UP RUNNING PSCAN ISCAN
RX bytes:107 acl:0 sco:0 events:14 errors:0
TX bytes:303 acl:0 sco:0 commands:14 errors:0
Features: 0xbf 0xfe 0x8d 0x78 0x08 0x18 0x00 0x00
Packet type: DM1 DM3 DM5 DH1 DH3 DH5 HV1 HV2 HV3
Link policy: RSWITCH HOLD SNIFF PARK
Link mode: SLAVE ACCEPT
Name: ‘ari.belajar.net-0’
Class: 0x120104
Service Classes: Networking
Device Class: Computer, Desktop workstation
HCI Ver: 1.2 (0x2) HCI Rev: 0x1fe LMP Ver: 1.2 (0x2) LMP Subver: 0x1fe
Manufacturer: Integrated System Solution Corp. (57)
[root@ari bluez]#

Agar setiap koneksi yang terjadi dari dan ke komputer atau perangkat bluetooth (PDA, Ponsel, dll..) tidak selalu menanyakan password, maka kita dapat mengatur agar pilihan itu diotomasi. Edit file /etc/bluetooth/hcid.conf dengan editor kesukaan anda (vi, gedit, emacs, dll).
[root@ari bluez]# vi /etc/bluetooth/hcid.conf

berikan perubahan pada baris “security user” menjadi “security auto”. Dan isi file /etc/bluetooth/pin dengan angka-angka sesuka anda, hapus saja isi file tersebut jika sebelumnya file ini sudah ada isinya.
misal;

[root@ari bluez]# echo “12345” > /etc/bluetooth/pin
Sebaiknya anda memasukan angka kedalam file ini karena dalam contoh yang diujicobakan kali ini memasukan huruf membuat koneksi menjadi tidak berhasil dilakukan. Mungkin karena tombol ponsel langsung dibaca sebagai angka pada form password yang diminta bukan huruf seperti pada penulisan pesan🙂.

Setelah itu anda dapat mencoba menghubungkan komputer anda dengan perangkat bluetooth anda (PDA, Ponsel, dll..). Jika menggunakan Nokia N-Gage QD caranya adalah dengan masuk ke menu Tools –> Bluetooth atau Connect –> bluetooth dan pilih mode “on” pada pilihan bluetooth, Selanjutnya gunakan menu gulir untuk berpindah tab pilih Options –> New paired device. Biarkan ponsel anda melakukan pencarian. Jika berhasil akan tampil nama hostname komputer anda seperti yang ditampilkan oleh perintah [root@ari bluez]# hciconfig -a
diatas. Selanjutnya pilih Options –> Set as authorised dan berikan password yang tadi anda masukan kedalam file /etc/bluetooth/pin. Sekarang perangkat bluetooth anda sudah terotorisasi untuk dapat berhubungan dengan perangkat yang dipaired tadi.

Gunakan salah satu dari perintah dibawah ini untuk melihat layanan apa saja yang disediakan perangkat bluetooth anda (PDA, Ponsel, dll..)
[root@ari bluez]# sdptool browse atau
[root@ari bluez]# sdptool search DUN

Untuk menguji koneksi yang dibuat apakah sudah berhasil atau belum jalankan perintah dibawah ini;
[root@ari ~]# l2ping 00:13:E0:17:7E:8D
Ping: 00:13:E0:17:7E:8D from 00:11:67:23:CC:95 (data size 20) …
0 bytes from 00:13:E0:17:7E:8D id 0 time 47.86ms
0 bytes from 00:13:E0:17:7E:8D id 1 time 22.40ms
0 bytes from 00:13:E0:17:7E:8D id 2 time 23.55ms
3 sent, 3 received, 0% loss
[root@ari ~]#

jika menghasilkan output seperti diatas maka komputer dan perangkat bluetooth anda sudah berhubungan. Berikan perintah dibawah ini jika anda tidak mengetahui id device perangkat bluetooth anda (PDA, Ponsel, dll..).
walaupun perintah sdptool juga menghasilkan output yang lebih lengkap.

[root@ari ~]# hcitool scan
Scanning …
00:13:E0:17:7E:8D Nokia N-Gage QD
[root@ari ~]#

Jika langkah-langkah diatas berhasil dilakukan dengan benar maka komputer dan perangkat bluetooth anda (PDA, Ponsel, dll..) sudah dapat digunakan untuk saling berkomunikasi data dengan baik. Tidak “AFDHOL” rasanya jika tidak dicobakan untuk mengirim atau menerima paket/data dari komputer ke device bluetooth lain (Ponsel,PDA,…dll) atau sebaliknya. Mengirim paket/data dari komputer ke perangkat bluetooth anda (PDA, Ponsel, dll..).
Note: Proses penerimaan dan pengiriman dapat dilakukan tanpa harus menjadi root.

[root@ari ~]# obex_push 10 00:13:E0:17:7E:8D splash.png

Send and receive files through bluetooth OBEX PUSH channel 10

name=splash.png, size=51258
…………………………………………..
PUT successful
[root@ari ~]#

Paket/data yang dikirim tidak harus berada di di direktory aktif, karena anda dapat juga memberikan path lengkap dari file tersebut jika file yang ingin dikirim berada di direktory yang berbeda, juga tidak harus berupa file gambar silakan dicoba dengan format lain. Contoh;
[root@ari ~]# obex_push 10 00:13:E0:17:7E:8D /home/Demi\ waktu.mp3

Jika mengirim dapat dilakukan dalam satu langkah maka untuk penerimaan ada satu tahapan lagi yang harus dilakukan yaitu membuat pengaturan agar ada pintu/jalan masuk untuk paket yang dikirim.
[root@ari ~]# sdptool add –channel=9 OPUSH
OBEX Object Push service registered
[root@ari ~]#

Saatnya untuk mengirim file dari perangkat bluetooth anda (PDA, Ponsel, dll..) ke komputer anda. Berikan perintah dibawah ini agar komputer berada pada posisi menunggu data yang dikirim.
[root@ari FC4-yum]# obex_push 9

Send and receive files through bluetooth OBEX PUSH channel 9 OBEX Object Push service registered

Waiting for files

.HEADER_LENGTH = 74
put_done() Skipped header 42
put_done() Skipped header 44
Filename = Deni Clcp.vcf
Wrote /tmp/Deni Clcp.vcf (74 bytes)
[root@ari FC4-yum]#

Sampai di “Waiting for Files” device bluetooth di komputer akan menunggu paket yang dikirim dari perangkat device lain (PDA, Ponsel, dll). Anda dapat mengirim file (gambar, audio, video, atau data yang ada), perhatikan bagian “Wrote” karena disitulah data yang dikirim dari ponsel anda akan disimpan. Gunakan file browser (nautilus, konqueror, dll) atau perintah $ls /tmp jika menggunakan konsole untuk melihat data yang dikirim. Kalau contoh diatas mengirim no HP, sekarang kita coba dengan mengirim lagu.
[untaye@ari untaye]$ obex_push 9

Send and receive files through bluetooth OBEX PUSH channel 9
OBEX Object Push service registered
Waiting for files

……………………………………………………

………………………………..HEADER_LENGTH = 947900
put_done() Skipped header 42
put_done() Skipped header 44
Filename = arti damai.wav
Wrote /tmp/arti damai.wav (947900 bytes)

Berikan perintah ini untuk melepas perangkat bluetooth di komputer anda.
[untaye@ari untaye]$ su –
Password:

[root@ari ~]# hciconfig hci0 down

meskipun ujicoba kali ini hanya menggunakan satu sampel ponsel (N-Gage QD) tetapi penggunaan dan pengaturanya tidaklah berbeda untuk ponsel dengan fasilitas bluetooth lainya. Akhirnya semoga tulisan singkat ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya. Untuk koreksi, kritik atau saran silakan email ke seripintarlinux@inbox.com.

2 Comments

  1. christin
    Posted April 28, 2008 at 8:49 am | Permalink

    hai saya christin. Saya dari pekanbaru.
    Saya saat ini sedang mengerjakan TA. dan saya menggunakan FC 5. Saya telah baca artikel anda. Pastinya FC 1 dan FC 5 tidak jauh beda lah ya untuk konfigurasi sistemnya.
    Saya menggunakan bluetooth.
    Saya kemaren telah sukses mengkonfigurasi bluetooth. Sehingga antara laptop dan HP bisa saling transfer file. kemudian saya ingin menggunakan service DUN. dan saya telah konfigurasikan hCId konf nya.
    Tapi setelah saya ikuti petunjuknya malahan yang terjadi dari hp ke laptop tidak bisa transfer file. tapi dari laptop ke HP bisa Transfer file.
    Saya mohon tolong kasi tau caranya supaya laptop dan hp saya bisa transfer file lagi. Kemudian tolong jelaskan juga secara rinci bagaimana menggunakan service DUN sehingga handphone saya bis jadi modem untuk koneksi internet.
    tipe hp yang saya gunakan nokia 6230.
    Saya mohon solusi dari anda..
    terimakasih,,

  2. tox
    Posted September 7, 2009 at 5:56 pm | Permalink

    hi yox..

    klo bukan karya sendiri mendingan di kasih nama penulis.na..

    biar anda bisa belajar untux menghargai karya orank lain..

    thanks..


Tulis sebuah Komentar

You must be logged in to post a comment.
%d blogger menyukai ini: