Hotspot Mikrotik

Begitu mudahnya untuk menggunakan mikrotik. Konsep networking yang sudah anda pahami akan sangat mudah di implementasikan di operating sistem router yang berbasis kepada linux kernel ini. Kali ini kita akan praktekan sebuah judul yang banyak di nanti orang banyak. Judul yang di ambil adalah, membuat hotspot dan user manager dengan router yang sama.

Langkah pertama adalah sbb :

1. Buat sebuah server Radius
/ radius add service=hotspot address=127.0.0.1 secret=123456

2. Buat profile dan set profile tersebut untuk menggunakan Radius Server
/ ip hotspot profile set hsprof1 use-radius=yes

3. Membuat scriber
/ tool user-manager customer add login="MikroTik" password="qwerty" permissions=owner

4. Tambahkan Router kita dalam hal ini localhost.
/ tool user-manager router add subscriber=MikroTik ip-address=127.0.0.1 shared-secret=123456

5. Lalu silahkan browser ke http://routeranda/userman

Source http://tutorial.multisolusi.com/2007/05/21/hotspot-mikrotik/

29 Comments

  1. RIZALDHI
    Posted Juli 3, 2007 at 3:38 pm | Permalink

    this things is totally cool…

  2. breqele
    Posted Juli 6, 2007 at 2:24 pm | Permalink

    huaaa…
    gimana kalo mo bikin 6 unit hotspot pake routerboard dengan roaming otomatis dan satu server gateway? otentifikasi dan management user hanya pada server gateway…
    thx floor….

  3. Posted Juli 10, 2007 at 9:54 am | Permalink

    promosi nih

  4. dewa
    Posted Agustus 8, 2007 at 12:09 am | Permalink

    salam ,klo tuk backup user hotspot di mikrotik gimana yah ?

  5. Posted Agustus 14, 2007 at 7:27 am | Permalink

    Mas mau tanyamasalah hostspot
    gmn caranya kita atur creditnya dan supanya client/user kita bisa liat creditnya
    maksih sebelumnya

  6. bobpop
    Posted Agustus 15, 2007 at 12:09 pm | Permalink

    Terima Kasih..pencerahanya..sangat membantu saya mas…semoga ilmunya tambah banyak…

  7. yudi
    Posted September 7, 2007 at 2:07 am | Permalink

    mas ko’ klo kita enablelin hotspot, winbox nya jadi disconect ya, kenapa ya, gimana cara nya supaya ga disconect ??

    thnxs

    Yudi

    • Posted Juli 18, 2010 at 10:35 pm | Permalink

      iya dong, kalau pake hotspot harus blogin dulu bro. dapat ip dhcp dari hotspot masalahnya. coba di ip bindind biar nggak pake login…….biasanya winbox lancar2 aja

  8. Posted September 28, 2007 at 5:39 am | Permalink

    Bagus nih materinya, nambahin pengetahuanku ttg Mikrotik, Thanks…..

  9. Posted Oktober 4, 2007 at 4:35 pm | Permalink

    mas yoyok salam kenal,
    1.saya mau tanya bagamana cara me crack hotspot yang di kunci,tolong dijelaskan?
    2.mas kalo cara instal software di ubuntu sama tidak degan windows, bagaimana caranya mas ?

    tolong dijawab dan kirim juga ke emil saya ya mas .tsk

  10. sakkir
    Posted Oktober 11, 2007 at 3:52 am | Permalink

    baru gabung nih di dunia MikroTik

  11. yunus
    Posted Oktober 20, 2007 at 6:26 pm | Permalink

    pak saya sudah lakukan perintah ter sebut, tapi ko user yang saya buat di xxx.xxx.xxx.xxx/userman ga bisa login yah?? tapi kalau saya buat di winbox ip > hotspot > user dia mau login,, apa saya salah seting nya?? dan bgi mana buat vhoucher di /userman mohon bantun ya yah pak

    terimksih,

  12. hikmahgumelar
    Posted November 12, 2007 at 7:16 am | Permalink

    mas saya sudah setup hotspot secara default, dari client saya buka browser saya buka http://www.yahoo.com tapi dia tidak otomatis login ke halaman login mikrotik gimana nich mas?

  13. David
    Posted November 16, 2007 at 2:00 pm | Permalink

    dear Kawan2

    mau tanya untuk setting user di mikrotik
    tanpa menggunakan voucher prepaite gimana ya….
    maksudnya tanpa billing, tapi harus masukan username dan password dan stop pada waktu tertentu.

    saya sudah coba pake create credits trus saya masukin di private information dan add times credit

    namun hanya berhasil untuk 1 x login saja, artinya creditnya tidak saving terus menerus.

    MOHON PENCERAHAANYA KEPADA KAWAN2 YANG BAIK…

    thanks berat kalau ada yang mau jawab.

    davidfransciossa@yahoo.com

  14. hunter swandi
    Posted Desember 14, 2007 at 9:07 am | Permalink

    Salam

    saya Newbie nih ,,,tolong dijawab ya,,,
    masalah di files>backup >save name=test

    jadi setelah berhasil di copy,,terus saya coba paste dan mengganti dngan extention “.txt” di notepad,,.

    tapi kok pass di buka huruf nya acak2 ,,,Helppp ada yg bisa bantu ga ??dimana salahnya??

    terimaksih

  15. rajizal
    Posted Januari 16, 2008 at 10:46 am | Permalink

    hallo mas, saya masih newbie di bid mikrotik,

    saya coba buat hotspot pake mikrotik v. 2.9.27. saya mau nyoba pake Ip temporary sebelum user login dan setelah user login baru bisa dapat ip permanennya gimana caranya ya? klu artikel yang pernah saya dapat cuma untuk v. 2.6.x dan beda setingannya dgn v.2.9.x, tolong dikasi pencerahan ya. thanks buat sharing ilmunya

  16. Posted Januari 22, 2008 at 12:09 am | Permalink

    Saya baru saya mengembangakan billing Hotspot yang berjalan di sistem mikrotik.

    Asli buatan Indonesia loh

    http://www.billinghotspot.com

  17. Prunk
    Posted Februari 14, 2008 at 8:06 pm | Permalink

    gini mas saya udah berhasil instal mikrotik truz aku bikin hotspot’a.Nah yang mau saya tanyakan gimana ya supaya client/user bisa tau lama or credit’a….

    Jelasin ya mas.truz boleh minta ID YM gak..:D

  18. tacutnya
    Posted Juli 11, 2008 at 8:09 am | Permalink

    mas mau nanya nih, ak udah setup mikrotik dan berhasil untuk login hotspotnya tapi hanya bisa satu user saja setelah aku tambah lagi dan mau login gak bisa kecuali temanku logout dan aku login lagi padahal ak add user berbeda dan pastinya password juga berbeda kok ga bisa dalam waktu yang sama yah mas.. apa karena mikrotikku crack2an

  19. jaja
    Posted Agustus 2, 2008 at 1:16 pm | Permalink

    wahh enak enak enak internet gratessssssss

  20. bapra
    Posted September 11, 2008 at 9:45 am | Permalink

    terima kasih mas, atas tutorialnya semoga tetap sukses selalu.

  21. Posted Oktober 20, 2008 at 6:43 am | Permalink

    Mas pengin mampir doang, mbok sekali-kali langsung kasih pelajaran po’o?

  22. wsputra
    Posted Februari 13, 2009 at 10:10 pm | Permalink

    3. Membuat scriber
    / tool user-manager customer add login=”MikroTik” password=”qwerty” permissions=owner

    4. Tambahkan Router kita dalam hal ini localhost.
    / tool user-manager router add subscriber=MikroTik ip-address=127.0.0.1 shared-secret=123456

    Untuk mikrotik di versi 2.9.27 kok gak bisa yah… mohon info nya bos, thanks

  23. eko
    Posted Februari 21, 2009 at 7:46 pm | Permalink

    newbie nih mo tanya.
    kok mikrotik cracknya nggak mau untuk wifi yaa

  24. Posted Oktober 20, 2009 at 8:15 am | Permalink

    command nya kok gak bisa yuuupz…….

  25. Ronald
    Posted Januari 3, 2010 at 1:21 pm | Permalink

    wah mantap nih info y..minta izin tuk ngambil ilmu y mas..terimakash

  26. Posted Februari 20, 2010 at 9:02 pm | Permalink

    saya sangat awam dengan microtik, tapi saya sudah belajar menginstall mikrotik. yang jadi masalah adalah saya gak masuk ke userman untuk membuat user, jika saya masuk ke userman (dengan ip by pass)gak bisa, setelah mngisi login (admin) dan passwoednya selalu gagal. tapi untuk internet bisa (pakai ip bypass). tolong informasinya bagaimana cara mengatasinya (masuk ke winbox gak ada masalah)

  27. ferliani
    Posted April 27, 2010 at 10:08 am | Permalink

    waduuh…….ternyata ribet juga ya…..????aku kan masih awam.

  28. ray
    Posted Juli 17, 2010 at 2:16 am | Permalink

    apaan nie.,. semua repost.,. cuma modal copy paste doang.,.,


4 Trackbacks/Pingbacks

  1. […] gitu. Ini sekiranya langkah2 bwat bikin userman yang gw comot di blog/website nya om yoyok ,sekalian share berantai […]

  2. […] dan dikirimkan oleh Juni 27, 2007 at 9:07 pm dan disimpan di bawah Mikrotik, Networking. Tandai permalink. Telusuri setiap komentar di sini dengan RSS feed kiriman ini. Tulis komen atau tinggalkan […]

  3. […] dan dikirimkan oleh Juni 27, 2007 at 9:07 pm dan disimpan di bawah Mikrotik, Networking. Tandai permalink. Telusuri setiap komentar di sini dengan RSS feed kiriman ini. Tulis komen atau tinggalkan […]

  4. […] dan dikirimkan oleh Juni 27, 2007 at 9:07 pm dan disimpan di bawah Mikrotik, Networking. Tandai permalink. Telusuri setiap komentar di sini dengan RSS feed kiriman ini. Tulis komen atau tinggalkan […]

Tulis sebuah Komentar

You must be logged in to post a comment.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 29 pengikut lainnya.

